latest Post

Near Miss atau Hampir Celaka

Related image
Apa yang disebut dengan “Near Miss? ”Near miss didefinisikan sebagai : “. Sebuah peristiwa yang nyaris mengakibatkan celaka” Apa artinya ini dalam dunia industri? Ini hanya bermakna kalau kecelakaan serius nyaris saja terjadi. Seorang tersandung pallet, namun tidak jatuh. Dua forklift nyaris bertabrakan di pojok jalan. Sebuah alat terjatuh dari atas scaffolding dan nyaris saja tentang kepala Kamu. Itu semua yaitu contoh-contoh dari near miss atau hampir celaka.

Statistik memberitahukan kami kalau untuk setiap 300 hampir celaka ada satu cedera serius. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS), 6, 1 juta cedera terjadi selama th. 1995. Bila kita kalikan semasing cedera dengan 300, akhirnya yaitu 1, 8 miliar near miss terjadi untuk th. 1995 saja.

Jadi, apakah ini memberitahukan kita mengenai kecelakaan? Lihatlah angkanya. Bila Kamu kurangi jumlah hampir celaka, maka peluang Kamu akan kurangi jumlah cedera yang terjadi. Sama seperti dengan penyebabnya near miss yaitu juga penyebabnya kecelakaan. Berikut contoh-contohnya:

  • aksi tidak aman, seperti mengangkat yg tidak benar ; jalan dibawah beban overhead ; pemotongan, penggilingan, atau chipping tanpa ada kacamata keselamatan ; tidak memakai perlengkapan yang tepat/personal protective equipment, dll
  • keadaan tidak aman, seperti perlengkapan kurang terpelihara, minyak atau lemak pada lantai, kawat las yang sudah ditempatkan di sembarang tempat, sampah dan kotak yang sudah ditinggalkan di lorong-lorong, dll
  • mengambil resiko untuk melakukan pekerjaan dengan tergesa-gesa tanpa ada memerhatikan segi keselamatan kerja, dan sebagainya. 

Laporkan Near Miss Sebelumnya Mereka Jadi Kecelakaan : 

  • Ketika terjadi near miss atau hampir celaka, selekasnya laporkan pada mandor paling dekat atau supervisor. Potensi insiden itu ada di semua tempat kerja, hingga semua karyawan-bukan hanya supervisors harus menolong mengidentifikasi mereka.
  • Bila hampir celaka yaitu hasil dari keadaan yg tidak aman, janganlah teruskan bekerja dibawah keadaan itu yang sampai permasalahan sudah diperbaiki dan atasan Kamu memberi panduan untuk meneruskan.
  • Bila insiden itu yaitu hasil dari aksi yg tidak aman, meyakini kalau setiap orang yang ikut serta sudah disiagakan untuk aksi mereka sebelumnya mereka meneruskan pekerjaan. 

Ingatlah kalau Near Miss yaitu sebuah Peringatan : 
Membiarkan hampir celaka tidak dilaporkan memberi peluang untuk kecelakaan serius terjadi. Mengoreksi aksi atau keadaan ini akan tingkatkan keselamatan dalam sarana dan sediakan lingkungan kerja yang lebih baik untuk kebanyakan orang yang ikut serta dan sediakan alat pelindung diri bagi para pekerja seperti pakaian keselamatan, sepatu safety dll. Janganlah dibiarkan diri Kamu atau rekanan kerja jadi statistik laporan kecelakaan.

About Sepatu Safety Boot

Sepatu Safety Boot
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar