latest Post

Cara Memilih Safety Gear untuk Hobi Sepeda Gunungmu

Memilih safety gear untuk hobi sepeda gunung
Olahraga ekstrem ini biasanya memiliki medan atau lokasi yang banyak rintangan, seperti permukaan medan yg tidak rata, batang atau cabang pohon yang menghalangi, sampai debu dan bebatuan yang bisa turut beterbangan saat sepeda dikebut. Kesalahan sedikit pun mungkin berakibat fatal. Oleh karena itu, penting sekali untuk memakai peralatan keamanan atau safety gear saat bersepeda gunung membuat perlindungan badan dan kepala kita.

Type safety gear yang dipakai saat bersepeda gunung ini misalnya saja helm, sarung tangan, dan dekker atau pelindung lutut dan siku. Untuk memperoleh perlindungan yang prima, penentuan pelindung ini pun tidak bisa sembarangan. Berikut banyak hal yang perlu di perhatikan saat memilih helm, sarung tangan, dan dekker yang baik untuk sepeda gunung.

Helm 
  • Helm warna pink atau yang sewarna dengan sepeda memang menggoda mata, tetapi janganlah tergoda dengan jenis atau warna helm. Keamanan kepala kita lebih penting dari pada sebatas style.
  • Pastikan helm yang akan dibeli memiliki sertifikat keamanan CE/Snell/CPSC (Consumer Product Safety Commision). Sertifikasi ini dapat disebut menanggung kwalitas dari helm itu.
  • Pilih helm yang diperlengkapi dengan visor membuat perlindungan mata dari cahaya matahari dan ranting pohon, debu, dan bebatuan yang beterbangan selama bersepeda. Apabila memang tak ada visor, kita masihlah dapat membuat perlindungan mata dengan memakai kacamata hitam.
  • Pastikan helm cocok dengan ukuran kepala kita, janganlah terlalu besar atau terlalu kecil. Karenanya, dianjurkan untuk beli helm dengan cara segera dan tidak menitip dengan rekan.
  • Jangan beli helm bekas. Walau mungkin lebih irit, tetapi perlindungan pada helm sisa ini pasti akan tidak semaksimal pada helm baru. Ini karena foam pelindung yang ada pada helm akan makin menyusut kemampuannya untuk menahan bentrokan bersamaan dengan berjalannya waktu.
  • Ubah helm dengan cara berkala, sekurang-kurangnya setiap lima th. sekali. 
Pelindung Kaki, Siku dan Lutut 
  • Pilih pelindung kaki yang memiliki toecap dibagian depan seperti sepatu safety.
  • Pilih pelindung suku dan lutut dengan struktur keras (hard shell) apabila jalur sepeda kita mencakup medan bergelombang, seperti tanjakan, dirt jumping, dengan kecepatan tinggi.
  • Pilih dekker dengan pelindung penambahan di samping kanan dan kiri untuk perlindungan ekstra.
  • Apabila tidak ingin ribet untuk buka sepatu saat memakai pelindung lutut, pilihlah yang memakai strap untuk aplikasinya.
  • Pastikan ada lobang hawa di belakang dekker untuk aliran hawa, mengingat kita berada di negara tropis dengan hawa yang panas. 
Sarung Tangan 
  • Untuk perlindungan ekstra, pilihlah sarung tangan yang full dengan kata lain tertutup semua. Tetapi apabila kita termasuk orang yang gerahan, sarung tangan ini akan terasa tidak nyaman.
  • Pilihlah bahan sarung tangan dengan ventilasi yang baik untuk memperoleh perlindungan ekstra dari sarung tangan full namun masih tetap tidak terasa gerah.
  • Pilih sarung tangan dengan bantalan berbentuk gel, bukanlah busa, yang memberi perlindungan lebih lama. Sepintas memang keduanya terlihat serupa, karena itu perhatikan dengan cermat sebelumnya beli. 
Dengan memilih safety gear yang tepat untuk hoby sepeda gunung ini, kita pun dapat menikmatinya dengan optimal dan tetaplah aman.

About Sepatu Safety Boot

Sepatu Safety Boot
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar