latest Post

Mendeskripsikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Image result for Kesalahan K3 Yang Masih Dilakukan Para Pekerja
Latar belakang dari diterapkannya Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja (K3) yaitu dari standarisasi yang sudah diterapkan didunia kerja internasional. Semakin berkembangnya dunia industri didunia, sudah mendorong beberapa pekerja untuk bekerja lebih giat sesuai sama keperluan pasar. Tetapi hal semacam itu seringkali mengakibatkan pekerja jadi cidera. Cidera yang terjadi di lapangan sangat bermacam, dari cidera otot sampai yang membuahkan korban jiwa. Dengan terganggunya perubahan manusia sebagai salah satu modal utama pembangunan, maka negara-negara berkembang ketika itu mulai perduli mengenai kesehatan, keselamatan dan keamanan pekerja di negaranya itu.

Mulai sejak th. 1950 ILO (International Labour Organization) dan WHO (World Health Organization) sudah mengambil keputusan pengertian umum dari kesehatan kerja, yakni : Kesehatan kerja harus meraih penambahan dan perawatan tertinggi di bagian fisik, sosial sebagai seseorang pekerja di bagian pekerjaan apa pun ; mencegah untuk setiap pekerja atas pengurangan kesehatan karena keadaan kerja mereka, perlindungan untuk pekerja untuk kurangi beberapa aspek yang bisa merugikan kesehatan mereka ; peletakan dan perawatan untuk pekerja di lingkungan kerja sesuai sama kemapuan fisik dan psikologi dari pekerja dan meringkas penyesuaian dari setiap pekerja ke pekerjaannya semasing.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah bagian dari pengetahuan Kesehatan Orang-orang. Keilmuan K3 adalah kombinasi dari multidisiplin pengetahuan pada pengetahuan kesehatan, pengetahuan tingkah laku, pengetahuan alam, tehnologi dan sebagainya baik yang berbentuk kajian ataupun pengetahuan terapan dengan maksud membuat keadaan sehat dan selamat untuk pekerja, tempat kerja, ataupun lingkungan sekitarnya, hingga tingkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.
Pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) mempunyai tujuan agar beberapa pekerja di lingkungan kerjanya semasing selalu dalam kondisi sehat, nyaman, selamat dan terlebih bekerja dengan cara produktif dalam tingkatkan kemampuan Perusahaan dan tingkatkan kesejahteraan Karyawan Perusahaan. Demikian juga untuk meraih maksud itu diperlukan tekad dan kerja sama beberapa karyawan agar menjunjung tinggi beberapa ketentuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk kesejahteraan Perusahaan yang bermakna kesejahteraan keluarga karyawan. Dengan kondisi karyawan melakukan aktivitas operasinya dengan aman, nyaman, handal dan efektif, hingga kerugian Perusahaan dapat dihindari dan dikurangi.
  • Keselamatan datang dari bhs Inggris yakni kata ‘safety’ dan biasanya selalu dihubungkan dengan kondisi terbebasnya seorang dari momen celaka (accident) atau hampir celaka (near-miss). Pada hakekatnya keselamatan sebagai suatu pendekatan keilmuan ataupun sebagai suatu pendekatan praktis pelajari beberapa aspek yang bisa mengakibatkan terjadinya kecelakaan dan berusaha meningkatkan beragam cara dan pendekatan untuk mengecilkan kemungkinan terjadinya kecelakaan. Seperti menyediakan alat pelindung bagi pekerja baik itu pakaian safety, helm safety, sepatu safety, kacamata safety dll.
  • Kesehatan datang dari bhs Inggris ‘health’, yang saat ini bukan sekedar bermakna terbebasnya seorang dari penyakit, namun pengertian sehat memiliki arti sehat dengan cara fisik, mental serta sehat dengan cara sosial. Pengertian sehat dengan cara utuh tunjukkan pengertian sejahtera (well-being). Kesehatan sebagai suatu pendekatan keilmuan ataupun pendekatan praktis juga berusaha pelajari beberapa aspek yang bisa mengakibatkan manusia menanggung derita sakit dan sekaligus berusaha untuk meningkatkan beragam cara atau pendekatan untuk menghindar agar manusia tidak menanggung derita sakit, bahkan juga jadi lebih sehat.
  • Arti ‘keselamatan dan kesehatan kerja’, dapat dilihat memiliki dua segi pengertian. Pengertian yang pertama memiliki kandungan arti sebagai suatupendekatan ilmiah (scientific approach) dan disisi lain memiliki pengertian sebagai suatu terapan atau suatu program yang memiliki maksud tertentu. Karenanya keselamatan dan kesehatan kerja dapat dikelompokkan sebagai suatu ilmu terapan (applied science).

About Sepatu Safety Boot

Sepatu Safety Boot
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar